Tips Cara Membersikan dan Merawat PC, Laptop dan Netbook

Tips cara merawat Laptop, netbook danPC ini sangat penting karena pada zaman perkembangan teknologi ini, kita dihadapkan dengan beberapa perangkat berteknologi tinggi ini yang mampu memudahkan kita dalam menyelesaikan beberapa keperluan dan masalah yang kita temui sehari-hari. PC, Netbook serta Laptop merupakan Perangkat keras yang sering kita jumpai saat ini, para penggunanya terus bertambah tiap tahunnya.
Cara merawat Laptop Netbook dan PC Tips Cara Membersikan dan Merawat PC, Laptop dan NetbookSelain menjaga perangkat tersebut dari virus, malware, spyware dan sejenisnya, kita juga harus memperhatikan kebersihan luar dari laptop, netbook atau PC yang kita miliki, karena kebersihan perangkat tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja perangkat itu sendiri. Apabila kita lalai atau bahkan tidak pernah membersihkan Perangkat PC mapun Laptop kita, maka bisa dipastikan barang yang kita miliki tidak akan bertahan lama dan sering terjadi eror.
Untuk itu disini, saya akan memberikan Cara Terbaik membersihkan Laptop, PC serta Netbook yang anda miliki agar bertahan lama dan terhindar dari eror dan gangguan lainnya.
1. Cara Membersihkan & Merawat Laptop dan Netbook Dengan Benar & Aman
a.  Pertama-tama matikan perangkat Laptop atau Netbook anda, setelah benar-benar dalam keadaan mati, lepas kabel yang terhubung langsung dengan perangkat tersebut. Lihat juga rekomendasi dari pabrik pembuatan di buku panduan penggunaan perangkat tersebut.
b. Seka layar monitor dengan kain basah, basah disini adalah kain yang kita basahi dengan air, kemudian kita peras, hingga tidak ada air menetes dari kain tersebut karena dapat membahayakan komponen – komponen dalam perangkat tersebut. Hindari penggunaan alkohol dan cairan yang mengandung Amoniak.
c. Untuk membersihkan Layar, gunakan kain lembut serta berbulu agar layar tidak tergores. Hindari penggunaan kertas tisu, kain baju, serta kain yang bersifat abrasif. setelah pembersihan layar tersebut, sebisa mungkin gunakan Screen Protector atau layar pelindung monitor agar lebih aman.
d. Jangan menyemprotkan cairan secara langsung ke layar monitor, akan sangat berbahaya apabila anda melakukan hal ini. Lebih baik anda menyemprotkan ke sponge atau kain katun, lalu usapkan ke layar monitor dengan perlahan, jangan gunakan alkohol atau cairan sejenisnya untuk layar monitor.
e. Guncangan pada laptop akan membuat hardware laptop tersebut mudah rusak, oleh karena itu gunakan sebuah meja sebagai alas laptop anda. Hardisk sangat rentan terhadap guncangan yang terjadi.
f. Jangan sekali-kali membongkar laptop anda sendiri tanpa dibekali pengetahuan tentang cara servis hardware laptop. Lebih baik anda mendatangi counter servis laptop yang sesuai dengan merk laptop anda. Hindari pembelian hardware yang tidak original (tidak sesuai merk laptop/netbook) karena di khawatirkan tidak kompatibel dengan perangkat yang lain.
g. Jauhkan laptop/netbook anda dengan benda-benda berbahaya seperti magnet atau benda yang mengandung magnet. Karena magnet dapat merusak system operasi laptop anda serta merubah grafis dari layar monitor yang anda miliki.
h. Selain kita menjaga dan merawat hardware laptop/netbook, juga merupakan hal yang penting untuk menjaga dan merawat software laptop/netbook. kita bisa melakukannya dengan memberikan antivirus, banyak antivirus gratis yang tersedia apabila anda melakukan browsing. update secara berkala antivirus tersebut dan lakukan scanning pada perangkat lain yang masuk pada laptop anda, karena bisa saja perangkat tersebut berisi virus.
2. Tips Cara Membersihkan & Merawat Komputer/PC Dengan Benar&Aman
Setelah sebelumnya saya telah memberikan tips untuk merawat laptop/netbook dengan benar, kali ini saya juga akan memberikan tips merawat PC/Komputer agar awet.
a. Sebelum anda mulai membersihkan komputer/PC, pastikan semua kaber yang terhubung sebagai sumber daya komputer telah terlepas dan PC anda dalam keadaan mati total, juga lepas kabel-kabel yang terhubung di monitor dan CPU agar anda lebih leluasa membersihkan komputer.
b. Pertama, monitor kita bersihkan. Hindari menyentuh layar LCD monitor anda dengan jari atau benda kasar lainnya. gunakan lain halus untuk membersihkan layar monitor anda, jangan menyemprot monitor lansung dengan cairan, akan mengakibatkan rusaknya grafis layar.
c. Keringkan layar monitor setelah kita mengusapkan kain basah, layar monitor tidak bisa dibiarkan terlalu lama dalam keadaan basah. Anda bisa menggunakan kain pembersih kacamata atau kain yang berbahan katun untuk mengeringkannya.
d. Sebelum membuka bagian dalam CPU, ada baiknya anda membersihkan bagian luar CPU, agar debu dan kotoran yang ada di lapisan luar CPU tidak masuk ke bagian dalam PC anda.
e. Bersihkan bagain dalam CPU anda dengan sapu mini yang biasanya dijual di tempat penjualan alat komputer, jangan gunakan kain dan sejenisnya, karena ada beberapa perangkat keras yang sangat rentan dengan guncangan dan tekanan yang anda berikan. bersihkan perangkat PC tanpa menyemprotkan atau memberikan cairan, karen akan menyebabkan arus pendek atau konsleting.
f. lakukan pembersihan ini secara berkala dan rutin agar PC anda lenih awet dan bekerja optimal, serta berikan perangkat penyelaras tegangan dan penyimapan daya sementara (UPS) untuk menghindari apabila terjadi lampu padam atau konsleting.
itulah beberapa tips cara merawat laptop,netbook dan PC, semoga bermanfaat bagi anda.!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar