8 hal yang sulit ditahan saat berpuasa


Seperti yang sudah diketahui Puasa bukan hanya menahan rasa haus dan lapar dari sahur hingga berbuka. Banyak sekali tantangan dan cobaan yang terbilang sepele namun sulit dihadapi. Cobaan-cobaan itu bukan hanya sekedar melihat adik kecil kita yang makan dengan lahap, iklan minuman di televisi atau malah teman yang sengaja mengirimkan gambar-gambar makanan favorit kita.
Namun cobaan yang sering membatalkan atau menghilangkan pahala puasa adalah sikap kita yang tak dapat terkontrol, entah itu marah-marah, ya namanya lagi emosi, kadang memang suka susah ditahan.


Nah, sebenarnya hal apa aja sih yang sering kali yang tak bisa ditahan saat menjalankan ibadah puasa?


  •   Gosip
gosip di kantor Hal hal yang Sering Tak Bisa di Tahan Saat Berpuasa Ngegosip alias ngomongin orang, merupakan hal simple namun paling sulit di cegah. Tak jarang orang yang sudah niat tidak membicarakan orang, malah jadi kebablasan. Di setiap lingkungan pasti tak terlepas dari gosip, entah itu membicarakan teman sekantor, teman sekelas atau malah membicarakan artis yang belum kita kenal. Sulit memang menghindari cobaan yang satu ini, belum lagi acara televisi di Indonesia pagi-pagi sudah menyiarkan berita gosip. Bagi sebagian orang tak hanya cewek, bergosip memang merupakan aktivitas yang menyenangkan, namun jika dapat memberikan efek jelek bagi yang digosipin, sebaiknya Kita harus menahan diri. Cara terbaik untuk menghindari gosip adalah dengan tidak ikut andil dalam bagian kelompok penggosip. Jika sudah terlanjur masuk dalam kelompok tersebut, Kamu sebagai satu-satunya orang yang sadar bahwa bergosip itu salah, harus bisa mengganti topik pembicaraan, Seperti membicarakan film bagus yang baru saja Kamu tonton.
  • Berbohong
pria pembohong Hal hal yang Sering Tak Bisa di Tahan Saat Berpuasa Berbohong bisa dikatakan tindakan konyol namun sering dilakukan, Konyol dalam artian membiarkan orang untuk tidak mempercayai lagi setiap omongan orang yang berbohong. Meskipun ada yang bilang berbohong demi kebaikan itu boleh-boleh saja, namun sebaiknya jangan dilakukan. Karena apa yang menurut Kita baik, belum tentu baik bagi orang lain. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi bohong adalah menanamkan iman serta berusaha untuk selalu jujur. Dan selalu ingat ya, bahwa kejujuran itu adalah awal dari kesuksesan.
  • Mengumpat
Mengumpat Hal hal yang Sering Tak Bisa di Tahan Saat Berpuasa Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali mengeluarkan kata-kata yang semstinya tidak harus kita ucapkan. Mengumpat sendiri sering diartikan mengucapkan sumpah kecil. Mengumpat biasanya dilakukan seseorang yang dalam keadaan emosi atau marah. Dalam melaksanakan ibadah puasa, umat muslim dianjurkan untuk bisa menahan diri dari sifat yang mudah marah. Memang mengumpat sering kali tak sengaja dilakukan misalnya dalam keadaam macet, seringkali Kita tanpa sengaja mengumpat orang-orang yang telah menghambat lancarnya perjalanan. Untuk menghindarinya adalah berusaha bersikap sabar.
  • Berprasangka Buruk
Hal hal yang Sering Tak Bisa di Tahan Saat Berpuasa Dilingkungan sekitar kita tinggal, seringkali Kita mendengar orang berbicara dengan nada pesimis sinis, negatif, ragu-ragu, minder dll.Atau ada di antara kita yang suka menghukumi dan menghakimi suatu perkara dengan hanya berdasar pada bukti dan data yang sangat sedikit. Siakap seperti ini lah yang membuat kita sering kali berprasangka buruk terhadap orang lain. Nah, untuk menghindari diri kita dari sifat ini, Kita harus mencoba percaya terhadap orang lain, terbuka, apa adanya, dan perbanyak beramal.
  • Mengeluh
Sifat yang satu ini, seringkali dilakukan pada saat jam-jam menjelang berbuka. Tak heran, karena di jam-jam inilah perut orang menjalankan idbadah puasa tengah mengalami puncak lapar dan haus. Jam-jam segini pula biasanya emosi dan sifat labil tengah tinggi-tingginya. Mengeluh akan dehidrasi, lapar dan lemas sering kali dilontarkan oleh seseorang yang tengah berpuasa, padahal sifat ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kita harus memilki kegiatan yang dapat mempersingkat waktu. Di anjurkan untuk melakukan kegiatan seperti mendengarkan ceramah atau kegiatan positif lainnya. Nah, sebelum kita mengeluh, coba fikirkan nasib-nasib anak jalanan yang sudah terbiasa kelaparan, dengan itu kita tak pantas untuk mengeluh lagi bukan?

  • Memikirkan Makanan
 
Seingkali kita memikirkan menu untuk berbuka puasa, bahkan sangkin asiknya Kita sering lupa waktu. memikirkan makanan hampir sama dengan mengeluh, cuma bedanya disini kita hanya berfikir tanpa berucap. Untuk menghindarinya dengan memiliki kegiatan positif.

  •   Pacaran 
 
Pacaran saat berpuasa disiang hari rentan membuat batal puasa. Hal ini dikarenakan para remaja yang tengah pacaran, kurang bisa menahan nafsu mereka. Untuk itu, coba hindari berpacara selama bulan puasa, pasti kita gak mau kan kualitas puasa kita berkurang atau bahkan batal cuma gara-gara sejam-dua jam kita ketemu pacar. Pacaran sih boleh saja, saran Saya sih Sebaiknya selama bulan puasa hindari dulu deh pacaran khususnya di siang hari, nah pas mendekati berbuka puasa kan bisa tuh jalan bareng pacar untuk sekedar nyari makanan berbuka.

  •   Main Internet
 
Semakin canggihnya zaman, semakin bertambah pula kenakalan-kenakalan di Dunia remaja. Seringkali orang yang tengah berpuasa memutuskan untuk mengabiskan waktu di depan layar komputer untuk berselancar di Dunia maya. Kalau masih dalam tahap yang wajar sih tidak apa-apa, tapi kalau sudah ke-asyikan seringkali kita kebablasan menghabiskan waktu bermain internet. Waktu yang terlalu lama, dapat meyebabkan seseorang berselancar kesitus-situs yang semestinya tak boleh dilihat, apalagi di saat bulan puasa. Nah, sebelum kebablasan, coba kurangi sedikit demi sedikit waktu kita di depan komputer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata-kata Rayuan Bikin Pasangnmu Tertawa

Ada Sesuatu Jika Mantan Kamu Masih Sering Sms