Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Rabu, 23 Mei 2012

, ,

sehat dengan bahan tradisional

Share

Selain pengobatan medis, ada juga pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan kekayaan alam ( tumbuhan, hewan dan, bahan tradisional lainnya ). Berikut akan kita urai apa saja yang bisa dihasilkan dari alam ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wacana kita tentang pengobatan yang murah ini.

DAUN KENTANG OBAT KUTIL

Dengan cara menggosok-gosokkan daun kentang ke kutil yang tumbuh, hasilnya setelah beberapa hari terlihat. Selamat mencoba.

CiCAK ANTI BISA KALAJENGKING

Caranya : ekor cicak dipotong separoh, ujungnya dibuang, lalu ekor yang masih melekat pada badan cicak yang masih hidup ditempelkan pada tempat yang disengat.

OBAT LANGSING

Sediakan:

Jeruk pecel/jeruk nipis,setengahnya saja dan ambil airnya

The pahit yang kental satu gelas.

Caranya: air jeruk dan air teh kental diaduk jadi satu sampai mencampur rata kemudian diminum menjelang tidur.

OBAT SAKIT KEPALA

Caranya : ambil kangkung secukupnya, direbus dengan air setelah mendidih tumbuk sampai lumat, kemudian masukkan kedalam air yang sudah diberi garam secukupnya trus disaring dan, diminum.

SAKIT GIGI

Caranya : bersihkan dulu gigi yang sakit atau yang lobang. Sediakan kapas sebesar lubang pada gigi kemudian celupkan kedalam minyak tanah, lalu masukkan dalam lubang gigi yang ada. Tunggu 5-10 menit.

MANFAAT BUAH ALPOKAT

Daun alpokat sebamyak 9 lembar, direbus dengan air dan diberi garam satu sendok teh. Satu gelas rebusan daun alpokat ini bila dimunum sebelum tidur akan menyembuhkan penyakit : asthma. Dengan catatan harus diminum setiap hari.

Beberapa lembar daun alpokat ditambah 3 lembar daun ceplukan ditambah kunyit sebesar ibu jari yang dirajang serong kemudian direbus dengan 8 gelas air. Trus diminum sebelum tidur, akan menghilangkan rasa pegal-pegal, linu pada sendi tulang kaki. Setiap satu gelas bisa ditambahkan satu sendok teh garam atau gula menurut selera.

MEMCEGAH ALERGI IKAN LAUT

Caranya : wortel diparut, campur atau adukan wortel dengan ikan yang akan digoreng. terus digoreng untk disantap.

MUNTABER

Caranya : bawang putih mentah secukupnya, ditumbuk halus. Kemudian diseduh dengan air mendidih. Setelah hangat, berikan kepada yang terkena muntaber. Kurang lebih 4 jam akan terasa hasilnya.

MENCRET

Caranya : sediakan beras kira-kira 2 gelas, kunyit diiris tipis-tipis (kira-kira 7 iris saja). Kemudian kedua ramuan ini digoreng tanpa minyak sampai hangus. Setelah hangus tuangkan 3 gelas air kegorengan. Kemudian masukkan pucuk daun jambu perawas dua genggam. Sesudah matang, lalu taruh dalam gelas dengan disaring terlebih dahulu. Nah ramuan ini diminum pagi dan sore sampai sembuh betul.

GONDOK

Caranya : 10 buah asam dicampur dengan 1 sendok teh dan sedikit air hangat. Lumatkan sampe merata betul. Setiap mau tidur olesi gondok dengan ramuan ini. InsyaAllah belum satu bulan sudah sembuh.

JERAWAT

Caranya : sebelum tidur, olesi jerawat dengan pasta gigi, beberapa hari kemudian pasti kering and mengelupas sendiri. Jika jerawat sudah besar bisa kita pijit sampai keluar isi jerawat dan harus cepat-cepat diolesi dengan pasta gigi.

DEMAM BERDARAH

Caranya : siapkan bahan-bahan:

Ø Kunyit/kunir sebesar jari telunjuk.

Ø Temu ireng / temu hitam

Ø Tiga pohon meniran

Ø Daun pepaya yang masih muda beserta tangkainya.

Ø Sedikit garam dapur untuk mengurangi rasa pahit.

Campuran ramuan diatas ditumbuk halus, beri air hangat setengah gelas kemudian diperas dan disaring. Airnya diminum 1 kali sehari selama seminggu. Dalam waktu 2-3 hari sudah bisa dikatakan sembuh.

AMBEIEN

Bahan-bahannya:

Ø Daun patikan

Ø Daun meniran

Ø Daun brambang

Ø Adas pulosari

Ø Jinten putih

Ø Gula batu

Daun daun tersebut direbus dengan adas pulosari dan jinten putih, sampai air yang menyerupai teh itu tinggal separoh. Air rebusan inilah yang diminum dengan gula batu sampai beberapa kali.

ASTHMA

Caranya : lima siung bawang puith/bawang pulak diiris tipis-tipis, rebus dengan satu gelas air. Biar mendidih hingga airnya tinggal setengah gelas. Setelah dingin disaring kemudian tambah madu asli 1 sendok makan. Ramuan ini sekali minum saja untuk sorenya harus membuat lagi. Diminum 2 kali sehari selama 10 hari.

KUNING ( SAKIT KUNING )

Caranya : kerang direbus dengan diberi garam secukupnya (jangan terlalu asin). Ini diminum 2 kali sehari selama seminggu.

MULES

Caranya : siapkan gula merah satu cetakan dan beras kira-kira 1 ons, kemudian diongseng sampai warnanya coklat tua, kemudian dimakan sebanyak mungkin. InsyaAllah sembuh kurang dari 15 menit.

OBAT JERAWAT

Caranya : siapkan kuning telur separuh saja, dan dicampur dengan 1,5 sendok makan madu, terus diaduk sampai rata. Oleskan pada muka yang kena jerawat, sekali sehari sampai jerawat benar-benar hilang.

BAU MULUT

Caranya : ambilah sedikit kopi bubuk dan makan. Kemudian minum air biasa (teh atau air putih biasa), untuk menghilangkan rasa pahit.

BATUK DAN SESAK NAFAS

Bahannya :

Ø 7 lembar daun sirih

Ø 7 buah kapulogo

Ø 1 sendok the jintan hitram

Ø 1 sendok teh adas

Ø gula batu secukupnya (jangan terlalu manis).

Semua bahan tersebut direbus dengan satu gelas air, biarkan mendidih, hingga airnya tinggal setengah gelas. Angkat dan saring, setelah dingin diminum 3 kalii sehari satu sendok the.

BATU GINJAL

Bahannya :

Ø Temu lawak sebesar ibu jari

Ø Daun kumis kucing 3 pucuk

Ø Meniran 1 pohon.

Bila sudah dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan air tinggal 1 gelas. Minum pagi dan sore hari. Teruskan sampai batu ginjal keluar bersama air seni.

BATUK

Makan telur asin 2 kali sehari dengan atau tanpa nasi. Lakukan beberapa hari.

PENDARAHAN

Caranya : anak pohon pisang batu yang baru tumbuh dan belum berdaun sama sekali, ambil sampai keakarnya. Lalu cuci bersih. Pucuknya dibuang sedikit dan parutlah sampai habis. Setelah itu diperas dan airnya diminum.

KEJANG / STEP

Bila anak dalam keadaan step jangan sekali-kali digendong. Biarkan diatas ranjang dalam keadaan terlentang. Buka bajunya. Agar giginya tidak terkancing, masukkan telunjuk jari yang sudah dibersihkan kedalam mulut. Lama-lama anak akan normal kembali. Faktor utama anak menjadi step adalah suhu badan yang terlalu tinggi. Cara mencegahnya cukup mudah yaitu : anak-anak kecil yang normal harus sering-sering diberi kopi manis 2-3 sendok sehari. Kopi jangan terlalu manis dan kental.

DEMAM PADA ANAK

Caranya : minyak kelapa yang sudah dicampur dengan bawang merah yang telah ditumbuk kemudian oleskan pada sekujur tubuh terutama pada punggung dan dada.

DARAH AYAM MENGHILANGKAN BOTAK

Caranya : darah ayam yang masih segar dioleskan ke kepala yang botak.

CAPLAK

Caranya: ambilah endapan air kapur /enjet dan sabun deterjen secukupnya. Campur keduanya pada mangkok. Kalo sudah rata tempelkan adonan ini tepat pada caplak. Niscaya caplak akan copot dengan sendirinya.

ANAK CEPAT JALAN

Caranya : dihalaman rumah kita tentu ada rumput-rumput hijau. Biasanya pagi hari rumput-rumput ini bertaburkan embun. Nah papah atau tuntunlah anak kita diatas rumput yang berembun tersebut tanpa alas kaki. Ambil air embun dengan telapak tangan kita kemudian oleskan pada dengkul anak kita, lakukan setiap pagi hari.

PANAS

Caranya : daun pisang yang masih muda diiris kemudian ditempelkan pada dahi.

JERAWAT

Caranya : potonglah jeruk pecel/nipis yang sudah tua menjadi 2 bagian, nah gosokan potongan buah jeruk tersebut ke wajah atau jerawat anda. Lakukan setiap menjelang tidur dan diulang sampai jerawat hilang.

ANYANG – ANYANGAN

Caranya: pusar atau udel diolesi dengan kapur sirih.

RHEUMATIK

Caranya : ambil daun belimbing wuluh/belimbing buloh/belimbing beliwit secukupnya( satu genggan saja), lalu ditumbuk halus, kemudian beri air masak satu gelas. Saring dan minum airnya.

BISUL

Caranya : ambil bawang putih, lalu potong dan oleskan pada bisul atau bintiiL yang baru tumbuh, berulangkali perlahan-lahan.

SAKIT KERONGKONGAN / SERAK

Caranya : ambil daun pisang sebesar setengah sapu tangan, olesi dengan minyak goreng, kemudian tempelkan pada tenggorokan dengan dililit selendang. Gunakan menjelang tidur.

MEMBUAT LESUNG PIPIT

Caranya : ketika anak masih bayi, kira-kira umur seminggu, ambilah daun sirih yang masih bertangkai dan masih segar. Setiap habis mandi pagi dan petang hari cucukkanlah tangkai daun sirih tadi pada pipi bayi anda. Baik yang kanan atau kiri.


KHASIAT CEKER AYAM

Cakar ayam yang sudah ditumbuk sampai setengah hancur ditambah 2 gelas air kemudian dimasak sehingga jadi 1 gelas (disaring loch). Ini bisa untuk nambah nafsu makan dan untuk daya tahan tubuh.

DAGING TUPAI UNTUK KENCING MANIS

Caranya : rebuslah daging tupai ( daging jangan dicuci dengan air kalau kondisinya bersih) dengan asam kawak dan gula jawa. Setelah itu boleh digoreng sampai kering.

CENGKEH UNTUK BAU MULUT

Caranya : ambil 2 buah cengkeh, cuci yang bersih.kemudian rendamlah dengan 2 sendok air panas didalam gelas selama 5 menit. Kemudian ambil cengkehnya dan airnya untuk berkumur – kumur.

BERIKUT KAMI SAMPAIKAN BEBERAPA TIPS SEDERHANA DALAM RUMAH TANGGA

Didalam berumah tangga sering kali kita mengalami kesulitan dalam menghadapi problem rumah yang ada. Untuk itu uraian ini mudah-mudahan menambah ketrampilan dan pengetahuan.

BILA PISAU BAU AMIS

Caranya : olesi pisau dengan pasta gigi, diamkan beberapa saat, kemudian cuci dengan air.

BILA WASTAFEL TERSUMBAT

Caranya: masukkan secangkir soda dan cuka, maka sisa-sisa makanan akan hancur dan saluran kembali lancar.

SEMIR HITAM DARURAT

Caranya : carilah carbon bekas. Gosokan pad sepatu anda dengan rata baru disikat.

PUPUK SEDERHANA DAN MURAH

Sisa kopi dari gelas habis diminum dikumpulkan lalu diletakkan diatas vas bunga atau poy tanaman, maka tanaman akan menjadi subur. Disamping itu juga bisa mengusir bau busuk, juga untuk membersihkan piring yang berbau anyir dan lemak.

MENGHARUMKAN PAKAIAN DENGAN BUNGA

Caranya : bunga mawar atau melati, kenanga atau pudak dan bunga yang berbau harum lainnya dapat digunakan sebagai parfum. Letakkan bunga-bunga tadi didalam kantong plastik yang terbuka kemudian gantung dirak penyimpan pakaian dalam almari.

MENGHILANGKAN NODA PADA MOBIL

Gunakan pasta gigi kemudian digosok dengan lap berkali-kali.

MENCUCI OLI YANG KOTOR

Olie kotor jangan dibuang. Caranya : saringlah oli dengan tumbukan arang kasar, karena arang menghisap garam, logam dan air, maka oli akan kembali bersih.

MEMBERSIHKAN MINYAK GORENG

Caranya :

Panaskan dalam wajan, jika sudah panas ambilah dua atau tiga sendok nasi dan goreng. Nasi akan mengumpul, kemudian buanglah nasi tersebut. Maka minyak goreng akan kembali bersih.

MANFAAT BENALU

Caranya : benalu direbus (kering atau segar) dan airnya diminum. Sebagai obat amandel, membasmi tumor ganas, rematik, tekanan darah tinggi.

MANFAAT KULIT BUAH PISANG

Kulit buah pisang yang matang, segar, bisa dimanfaatkan untuk semir sepatu darurat. Caranya : gosok-gosokkan bagian kulit yang lembik pada sepatu kulit lalu dijemur. Setelah kering disikat hingga mmengkilap.

Kemudian dengan perlakuan yang sama pada kulit yang gatal-gatal niscaya kulit akan sembuh dari gatal-gatal.

KHASIAT BAWANG PUTIH

Dapat menyembuhkan sakit kepala karena tekanan darah rendah atau tinggi, serta untuk radang otak.

Caranya : anda bisa makan bawang putih segar 1-2 bungkul besar sekaligus sebagai lalap, bisa dimakan dengan gorengan atau makanan lainnya.

DAUN NANGKA OBAT JERAWAT

Caranya : rajang sampai lembut 10 daun nangka yang agak tua, campur dengan segelas air dan asam kawak. Biarkan sampe menjadi adonan kental, kemudian diaduk dan didinginkan. Setiap sore oleskan pada jerawat sampe jerawat matang dan hilang tanpa bekas.

MANFAAT GETAH POHON PISANG

Jika kena air panas atau api, ambil anak pisang yang masih muda, potong dan gunakan getahnya untuk luka bakar atau kena api. Niscaya akan terasa dingin seketika.

MENGHILANGKAN KETOMBE

Caranya : ambil kangkung 2-3 genggam dirajang kecil-kecil lalu direndam dengan air bersih dalam panci biarkan semalam hingga warna air kebiru-biruan. Sapukan air kangkung kekepala sehari 2-3 kali biarkan 15 menit, jika kepala berketombe maka akan terasa perih, tapi beberapa hari kemudian akan sembuh.

MEMBEDAKAN MADU ASLI DAN PALSU

Madu asli bila diteteskan diatas koran tidak basah pada lapisan bawahnya. Bila dimasuki telur, maka telur akan matang.

Begtu sebaliknya pada madu palsu.

MENGUSIR TANAMAN LIAR

Sebarkan garam halus secukupnya didaerah tersebut. Rumpau liar akan mati.

MENGATASI RESLETING MACET

Gosoklah dengan sepotong lilin pada permukaan resleting.

MENGUSIR SEMUT DAN KECOA

Letakkan bekas kaleng minyak tanah dekat pada lubang yang biasanya ditempati-tempat semut atau kecoa keluar masuk.

MANFAAT KULIT POHON WARU

Yaitu : sebagai peluruh batu ginjal.

Caranya : ambil kulit pohon waru 2- 3 genggam atau secukupnya, rebus dengan 1 liter air bersih. Biarkan mendidih sehingga airnya tinggal separoh. Saring dan minum semuanya. Lakukan sampai batu ginjal hancur dan keluar bersama air seni.

KHASIAT DAUN ALPUKAT

Yaitu : untuk melancarkan kencing dan obat kencing batu serta untuk darah tinggi.

Caranya : rebus 5 lembar daun alpukat segar atau kering dengan segenggan daun meniran kering. Rebus dengan 1 liter air biarkan mendidih dan tinggal ½ liter. Minum 3 kali sehari. ( satu gelas sekali minum ).

KHASIAT AKAR CEMARA

Yaitu : untuk sakit cacing (besar) dan sakit wasir.

Caranya : ambil segenggam akar pohon cemara, cuci dan rebus dengan 1 liter air bersih bisa ditambah gula aren dan sedikit garam. Minum pagi dan sore hari satu gelas.

PEMBASMI CACING KREMI

Caranya : cukup air perasan wortel ditambah santan kental dan sedikit garam lalu diminum.

MENCEGAH RAMBUT BERUBAN

Caranya : daun seledri ditumbuk dan diperas. Air dioleskan pada kulit kepala biarkan 3-4 jam baru dicuci dengan sampo. Lakukan 2-3 hari sekali selama satu bulan setiap tahunnya.

MENGHITAMKAN RAMBUT

Caranya: ambil 20-30 daun kembang sepatu ditumbuk dan diperas airnya. Gosokan kulit kepala dan seluruh rambutnya dan biarkan beberapa saat baru bisa keramas. Lakukan beberapa kali tiap bulannya.

CARA MEMBASMI CACING TANAH

Yaitu dengan menaburkan tambakau disekitar tanah yang terindikasi ada cacingnya.

NASI PULEN DARI BERAS JELEK

Caranya : ketika memasak nasi, beri sesendok kecil atau sedang minyak jelantah (untuk 1kg beras), aduk aduk sampai rata.

CARA MENGAWETKAN BERAS

Caranya: masukkan 15 lembar daun jeruk ( paling baik jeruk purut, kalo tdk daun jeruk biasa juga bisa) ditempat penyimpanan beras.

RESEP – RESEP MEMBASMI JERAWAT.

ambil jagung muda, parutlah dan oleskan pada muka yang terkena jerawat disore hari menjelang tidur.biarkan semalam, paginya baru dicuci.

Rebus daun sirih,airnya untuk membasuh muka. Lakukan pagi dan petang.

Segenggam daun jambu klutuk ditumbuk halus. Gosokkan secara merata pada wajah yang jerawatan. Biarkan ½ jam lalu dicuci dengan air hangat.

OBAT KAKI LUMPUH

Daun turi satu genggam, kencur satu genggam, asem hitam satu kelereng dan garam sedikit.

Semua bahan diatas ditumbuk halus

Oles-oleskan ramuan diatas kekaki yang lumpuh sambil dipijat-pijat dari pangkal paha sampai ujung jari kaki.

Lakukan setiap jam 6 pagi dan 6 sore, sampai sembuh.

MANFAAT CACING TANAH

Yaitu bisa menyembuhkan sakit types stadium dini dengan waktu 3-5 hari.

Caranya :

- Secangkir cacing tanah dibakar sampai gosong, trus ditumbuk sampai halus dan campur dengan 1 sendok makan bubuk kopi.

- Buatlah wedang dari kopi cacing ini agak manis ditambah 1 sendok the madu asli.

- Minum selama 3 hari.

- Minum wedang ini haru di tambah dengan air perasan 20 lembar daun sambiloto ( ditumbuk lalu diperas).

- Hindari makanan yang pedas dan keras.

JAGUNG MUDA UNTUK RADANG GINJAL

Caranya : jagung muda yang masih berkulit dan berambut, direbus semua. Air rebusan diminum sebanyak mungkin dan jagungnya dimakan.

MEMBUAT KERIPIK DARI KULIT SINGKONG

Caranya : kulit dikupas kulit luarnya yang kotor. Ambil yang merah jambu keputihan saja.

Cuci bersih kemudian direbus sampai matang.

Setelah agak dingin dijemur sampai agak kering. Baru diberi bumbu bawang putih dan garam lalu digoreng.

RESEP PUNYA SUARA MERDU

Caranya:

- 1 sendok madu, tambah 1 kuning telur ayam kampung, tambah 1 sendok makan air perasan jeruk pecel kemudian diaduk sampai rata terus diberi sedikit garam.

- Semua bahan ditaruh dalam gelas dan diembunkan semalam.

- Pagi hari sebelum makan minum ramuan ini diminum sampai habis. Lakukan selama 14 hari berturut – turut.

CARA AMAN MEMBUKA AMPLOP

Caranya : amplop diuapkan diatas air mendidih.

CARA MENCEGAH LALAT DAN NYAMUK

Caranya : untuk ruang tidur dan taplak kasih warna biru. Untuk sprei, baju tidur dan taplak bisa dipilih warna biru muda.

MENGHILANGKAN TAHI LALAT

Caranya : oleskan getah kamboja berulang kali pada tahi lalat. Lakukan setiap hari sampai tahi lalat mengelupas.

KHASIAT EMBUN PAGI

Caranya : setiap subuh pergilah kekebun mencari embun. Dengan kedua telapak tangan usapkan kerumput sehingga tangan basah, lalu usap kemuka yang berjerawat. Lakukan beberapa kali.

MENGOBATI KAKI PECAH-PECAH DENGAN GETAH PEPAYA.

Caranya : oleskan getah pepaya pada kaki yang pecah-pecah, biarkan ½ jam baru dicuci dengan air bersih.

KHASIAT TAPE SINGKONG

Yaitu untuk menyembuhkan luka bagi penderita kencing manis.

Caranya : bersihkan luka dengan air hangat lalu tempelkan tape singkong yang lembek pada luka, balut dengan kain perban. Untuk kencing manisnya bisa disembuhkan dengan minum rebusan ceplukan (batang daun, akar)

MEMBUAT RAMBUT BEROMBAK

Caranya : 25-30 lembar daun waru segar ditumbuk halus, diberi satu gelas air bersih diperas dan disaring. Dioles pada ranbut kepala pagi dan soe hari sampai rambut lebat dan berombak.

MENGHILANGKAN BAU CAT

Caranya : satu gelas air dicampur I sendok makan cuka dan irisan 1 butir bawang merah dalam piring. Taruh diruangan yang baru dicat.

MEMBUAT HAWA LEMARI TETAP SEGAR

Caranya : taruh sayata.-sayatan kulit nanas secukupnya didalam alamari es.

CARA MENAMBAL SENG BOCOR

Yaitu : cairkan busa plastik dengan bensin, kemudian teteskan pada seng yang bocor.

MENGATASI WC YANG MAMPET

Masukkan 5-6 kg garam dapur kedalam lubang wc.

MANFAAT LAIN DARI TEMBAKAU

Bila terkena rangen, tetesi dengan air tembakau biarkan kering tunggu 2 jan.lakukan 2 kali sehari selama 5-6 hari.

OBAT JERAWAT

Yaitu belah jd dua jeruk nipis. Urut-urutkan jeruk tadi kewajah sampai rata.

0 comments:

Posting Komentar