Sarapan Membuat Orang Panjang Umur

Sudah sarapankah anda? Kalau belum, sebaiknya isi perut dengan roti, nasi goreng atau bubur. Jangan lewatkan sarapan. Meskipun porsinya kecil sarapan punya sejumlah manfaat dahsyat.

Makan sarapan dapat mencerahkan kulit dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Pilihan menu sarapan juga harus lengkap, mengandung protein, sera, lemak dan karbohidrat. Mengganti jam makan dalam sehari bisa berakibat resiko obesitas, penyakit jantung, dan mengganggu kecerdasan.

Inilah alasan mengapa sarapan itu sangat penting:

Meningkatkan Kerja Otak

Selama tidur kita tidak akan makan atau sama saja berpuasa. Sebenarnya otak membutuhkan pasokan segar glukosa (gula darah) sebagai bahan bakar. Kurangnya gula darah akan mempengaruhi kerja otak dan akan mengalami kesulitan konsentrasi. Sarapan sangat penting untuk menormalkan gula darah.

Dapatkan Nutrisi Esensial

Menu sarapan diperkaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat setiap hari. Nutrisi seperti folat, zat besi, vitamin B, serat dan kebutuhan lainnya diperoleh melalui makanan. Melewatkan sarapan akan rugi karena tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Jantung Menjadi Sehat

Makan sarapan juga akan menjaga jantung tetap sehat, mencegah diabetes dan menurunkan tekanan darah. Mereka yang melewatkan sarapan cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi, yang merupakan faktor resiko utama penyebab penyakit jantung. Bagi yang sarapan cenderung mendapatkan serat dan sedikit lemak.

Mengurangi Sindrom Metabolik

Sajian menu lengkap (nasi, sayuran, lauk hewani dan lauk nabati) pada sarapan dapat membantu mencegah gangguan sindrom metabolik seperti obesitas dan resistensi insulin.

Mengurangi Kemungkinan Gangguan Makan

Sarapan bisa diartikan sebagai buka puasa karena selama tidur kita tidak mendapat asupan makanan sedikitpun. Sebuah penelitian di Australia menemukan, gadis berumur 13 tahun rata-rata lebih puas dengan bentuk tubuhnya karena mereka makan pagi secara teratur. Makan secara teratur bertujuan untuk mengendaliakn berat badan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan

Untuk melawan flu perlu istirahat dan menikmati menu sarapan . Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan bahwa sarapan akan meningkatkan “gamma-interferon” yaitu hormon berupa protein sejenis glikoprotein sebagai antivirus alami yang secara langsung dapat mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh. Melewatkan sarapan dapat menurunkan kadar gamma-interferon sebanyak 17%.

Menyehatkan Kulit

Telur adalah sajian sarapan yang sangat baik dan banyak digemari. Telur sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan lutein, antioksidan karotenoid yang terdapat didalam telur dapat membantu kulit menjadi kenyal dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan radikal bebas. Satu butir telur sehari sudah mencukupi kebutuhan lutein sebesar 26%.

Menjaga Nafsu Makan

Hubungan emosional pada makanan akan membuat kita selalu ingin makan sehingga akan mempengaruhi berat badan. Sarapan dapat membantu mencegah makan terlalu banyak dan upaya mencegah rasa lapar yang berlebihan di siang hari.

Stabilkan Tingkat Energi

Keseimbangan karbohidrat, protein, dan serat adalah kunci untuk sarapan sehat, dan makan makanan dengan komponen ini akan meningkatkan energi dalam tubuh. Sarapan akan menyimpan glikogen baru untuk membentuk energi. Dengan sarapan akan terbentukj energi sekitar 25%.

Hidup Lebih Lama

Makan satu buah apel bisa membuat anda selalu sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang hidup hingga usia 100 tahun adalah mereka yang konsisten atau selalu makan sarapan. Selain itu mereka yang sering sarapan juga cenderung menjauhkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum-muniman keras. Dengan sarapan tubuh akan memiliki kesempatan untuk menangkal penyakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata-kata Rayuan Bikin Pasangnmu Tertawa

Ada Sesuatu Jika Mantan Kamu Masih Sering Sms