Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Rabu, 23 Mei 2012

,

Memaksimalkan Memori Otak

Share

OTAK Anda mulai lelet menerima pesan yang mengantre masuk? Mungkin saatnya Anda melakukan penyegaran dengan beberapa langkah ini.

Detail BeritaIbarat hardisk komputer yang menampung ratusan memori, otak pun memerlukan penyegaran agar sistem kerjanya menjadi lebih maksimal. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melatih otak Anda agar lebih tajam mengingat hal-hal penting yang Anda butuhkan sewaktu-waktu. Selain memerhatikan asupan makanan dan latihan memori otak, meningkatkan memori dapat dilakukan dengan mencoba aktivitas yang melibatkan otak.

Cara terbaik untuk meningkatkan memori Anda menurut Dr Charulatha Sankhla, seorang ahli bedah saraf di Mumbai adalah terus menggunakannya. Menurut dia, kita harus menjaga otak seaktif mungkin.
“Karena itu, bermain “game” yang melibatkan pikiran dan teka-teki adalah cara terbaik untuk meningkatkan daya ingat,” katanya.

Olahraga
Setiap bentuk latihan fisik akan meningkatkan
kesehatan otak Anda. Latihan atau olahraga seperti basket, aerobik, menari, dan sebagainya akan meningkatkan sirkulasi darah Anda yang akhirnya akan meningkatkan kadar oksigen dalam otak Anda.

Sankhla mengatakan, hal ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan kognitif kita. Efeknya, Anda akan merasakan pikiran terasa lebih segar dan lapang dari sebelumnya.

Bermain tebak-tebakan
Untuk meningkatkan pemikiran, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melakukan permainan tebak-tebakan di mana melibatkan petunjuk visual untuk menemukan solusinya.
“Hal ini akan meningkatkan imajinasi dan keterampilan kita dalam memecahkan masalah,” 
Jadi ketika Anda tidak mengerti tentang apa yang harus dilakukan setelah makan malam dengan keluarga, bermain kartu pictionary adalah pilihan terbaik.
Mengisi TTS (teka-teki silang)
Mengisi TTS akan meningkatkan cara berpikir kita sekaligus kemampuan kita untuk memahami sesuatu dengan lebih baik. Hal ini juga akan meningkatkan kemampuan kognitif kita dalam berpikir. Mengisi teka-teki silang dan mencari kata sebagai jawabannya akan melatih kita untuk mencari petunjuk dan solusi. Dengan demikian, aktivitas ini pun akan meningkatkan memori kita.
Bermain kubus rubik
Letak kubus rubik yang tak beraturan dan penuh dengan aneka warna akan merangsang otak Anda untuk menyatukannya sesuai dengan warna masing-masing.
“Cara ini membantu Anda untuk berpikir jernih, serta membantu Anda dalam memprioritaskan sebuah masalah,” katanya.
Jadi ketika Anda merasa terlalu banyak hal yang menyesakkan pikiran atau otak Anda sedang berantakan, Anda hanya perlu istirahat sejenak dan bersiaplah memecahkan kubus rubik. Otak Anda pun akan kembali jernih dibuatnya.

0 comments:

Posting Komentar